Universitas Mercu Buana (UMB) Info Jurusan, Akreditasi

Universitas Mercu Buana (UMB) Info Jurusan, Akreditasi

UNIVERSITAS MERCU BUANA (UMB)

Universitas Mercu Buana sebagai perguruan tinggi swasta di Indonesia menjalankan kewajiban Perguruan Tinggi, yakni Tridharma untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Seluruh civitas academica Universitas Mercu Buana wajib dan bertanggung jawab dalam mewujudkan Tridharma tersebut. Universitas Mercu Buana berdiri di bawah pembinaan Yayasan Menara Bhakti pada tahun 1985.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Kemristekdikti menaungi Universitas Mercu Buana. Kemudian Universitas Mercu Buana telah terakreditasi “A” atau Unggul oleh BAN-PT sejak bulan Desember 2016. Universitas Mercu Buana memiliki beberapa kampus yang tersebar di berbagai wilayah. Universitas yang berdiri sejak tahun 1985 ini memiliki kampus utama yang terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Universitas Mercu Buana saat ini tengah berusaha memperoleh akreditasi internasional.

Memiliki pengalaman sebagai guru di Perguruan Taman Siswa, Pematang Siantar membuat pengusaha H. Probosutedjo mendirikan Akademi Wiraswasta Dewantara (AWD) pada tahun 1981. Akademi tersebut diresmikan oleh Adam Malik, Wakil Presiden RI pada saat itu. Mengembangkan model pendidikan untuk melahirkan pengusaha dan kader-kader pembangunan yang mandiri serta mampu menciptakan kesempatan kerja merupakan misi pendidikan akademi tersebut.

Penyelenggaraan perkuliahan AWD dilaksanakan di Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia sebelum memiliki kampus sendiri. Yayasan Menara Bhakti membangun kampus bernama Menara Bhakti pada tahun 1984. Kampus Menara Bhakti merupakan cikal bakal berdirinya Universitas Mercu Buana. Satu tahun kemudian Yayasan Menara Bhakti melalui berbagai persiapan dan studi kelayakan Dalam rangka mengajukan permohonan izin untuk mendirikan lembaga pendidikan tingkat universitas yang diberi nama Universitas Mercu Buana. Tanggal 18 Juni 1985, Prof. Dr. Boesjra Zahir menandatangani izin operasional penyelenggaraan Universitas Mercu Buana berdasarkan surat nomor/ 15/ KOP.III/S.VI/85.

Tujuan Umum

Bertitik tolak dari tujuan diatas, penyelenggaraan program pendidikan diploma, sarjana, profesi, magister, dan doktoral Universitas Mercu Buana diarahkan untuk melahirkan lulusan yang mempunyai kualifikasi :

Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya sesuai dengan bidang keahlian dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
Menguasai dasar-dasar ilmiah serta ilmu pengetahuan dan metodologi bidang keahliannya, sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yangada dalam wawasan keahliannya.
Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang keahliannya.

Baca Juga : Kenapa Pendidikan Anak Semenjak Awal Penting ?

Budaya Kerja Universitas Mercu Buana

Jujur yaitu keselarasan antara perkataan dan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Bagi dosen tidak melakukan plagiarisme serta bagi mahasiswa tidak mencontek saat ujian.
Disiplin yaitu kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan ketetapan yang berlaku. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tidak terlambat melaksanakan perkuliahan.

Tanggungjawab berupa kesadaran dan kemauan untuk melakukan dan menanggung resiko dari pekerjaan. Bagi dosen melaksanakan tridharma terkait dengan kinerja dosen dan bagi mahasiswa mengumpulkan tugas tepat waktu.

Kreatif yaitu keyakinan dan kemauan terus menerus untuk meningkatkan kinerja. Bagi dosen dan mahasiswa selalu berupaya menemukan cara baru.

Kearifan lokal yaitu memasukkan budaya lokal di dalam menyelesaikan tugas, tanggungjawab, dan berkomunikasi. Bagi dosen dan mahasiswa berpakaian batik sesuai waktu ditentukan dan melakukan penelitian sesuai keunggulan lokalitas.
Ramah Lingkungan yaitu kesadaran dan peran serta menjaga lingkungan, meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari penggunaan energi. Bagi dosen dan mahasiswa berupa tertib membuang sampah, kampus hijau dan hemat listrik serta alat tulis kantor.

FASILITAS DI UNIVERSITAS MERCU BUANA

Saat ini kampus Universitas Mercu Buana tersebar di empat area berbeda, yakni:

  • Kampus Meruya di Jakarta Barat;
  • Kampus Menteng di Jakarta Pusat;
  • Kampus Jatisampurna di Bekasi; dan
  • Kampus Warung Buncit di Jakarta Selatan
  • Ruang Kerja

Fasilitas ini dimaksudkan sebagai kantor untuk manajemen, seperti Rektor, Wakil Rektor, Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro / Pusat, Ketua dan Sekretaris Program Studi. Fasilitas ini terletak di gedung Rektorat dan Fakultas. Fasilitas ruang kerja dilengkapi dengan berbagai perlengkapan yang diperlukan.

Kantor Staf Pendukung

Kantor staf pendukung dibangun berdasarkan unit kerja di Universitas Mercu Buana. Kantor tersebut terdiri atas kantor Biro Sarana dan Prasarana, Biro Administrasi Keuangan, Biro Administrasi Pembelajaran, Perpustakaan, Biro https://hicksvillehistoricalsociety.org/ Operasi Pembelajaran, Biro Bahan Ajar, E-Learning dan Mata Kuliah Ciri Universitas, Biro Pengembangan Sistem Informasi, Biro Operasional Teknik Informasi dan kantor administrasi untuk Fakultas/Program Studi.

Ruang Tunggu Dosen

Ruang tunggu dosen tersedia di setiap Fakultas dan di Biro Operasional Pembelajaran. Ruangan tersebut dipakai oleh dosen untuk istirahat sebelum dan sesudah mengajar. Ruangan ini juga kerap digunakan sebagai tempat berdiskusi dan berkonsultasi dengan mahasiswa.

Layanan Administrasi

Layanan administrasi untuk mahasiswa Unpar berlokasi di kantor Biro Administrasi Keuangan, Biro Administrasi Pembelajaran, dan setiap Fakultas. Selain itu, khusus layanan perbankan berlokasi di kantor Bank BNI dan Bank Bukopin. Layanan perbankan Bank Bukopin juga dibuka pada hari Sabtu di Kampus Meruya.

Ruang Kelas

Ruang Kelas yang digunakan sebagai tempat perkulihaan dan laboratorium tersebar di berbagai kampus Universitas Mercu Buana.

Alat Bantu Pembelajaran

Universitas Mercu Buana berupaya mendukung kegiatan belajar mengajar dengan tersedianya ruang kelas yang dilengkapi dengan komputer, pengeras suara, proyektor LCD, papan tulis, AC dan koneksi Wi-Fi.

Pendukung Teknologi Informasi

Universitas Mercu Buana memiliki pusat kendali internet dan sistem informasi internet yang terhubung dengan seluruh unit kampus. Fasilitas ini hadir untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Laboratorium

Dalam rangka mengembangkan kualitas belajar-mengajar, Universitas Mercu Buana menyediakan laboratorium sesuai dengan kebutuhan bidang keilmuan masing-masing Program Studi. Laboratorium tersebar di berbagai fakultas dan kampus-kampus Universitas Mercu Buana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *