Jurusan Pendidikan Tata Boga – Info Kuliah dan Prospek kerjanya

Jurusan Pendidikan Tata Boga – Info Kuliah dan Prospek kerjanya

Tata Boga adalah ilmu mengenai bagaimana teknik untuk menyuguhkan makanan dengan memerhatikan faktor-faktor yakni seni atau keelokan, kualitas rasa masakan, dan nilai keperluan gizinya. Saat kuliah di Jurusan Tata Boga, mahasiswa akan pelajari bagaimana seni untuk memproses sesuatu makanan yang diawali dari penyiapan, tahapan pengolahan sampai langkah penyuguhannya.

Selain itu, kuliah di Jurusan Tata Boga bukan sekedar belajar mengolah dan memproses makanan saja lho, Kalian! Tetapi, lebih luas kamu akan belajar mengenai rencana, pengelolaan, dan tata langkah untuk melakukan penilaian pada usaha kulineran. Tetapi bila kamu memiliki cita-cita menjadi tenaga pengajar, karena itu jurusan Pendidikan Tata Boga menjadi opsi. Berlainan dengan jurusan Tata Boga umumnya, di jurusan ini kamu bukan hanya belajar mengenai kulineran, tetapi juga belajar bagaimana jadi tenaga pengajar di bidang boga.

Prospek Kerja Tata Boga

1. Chef/ Koki

Posisi ini adalah bidang kerja teratas untuk jawaban dari pertanyaan jurusan tata boga kerja apa setelah lulus. Menjadi chef atau koki bisa dibilang merupakan privilege. Hal ini karena kemampuan memasak adalah basic life skill yang harus dimiliki oleh manusia.Namun, ketika kemampuan dasar tersebut dipelajari dengan baik dan menghasilkan kinerja di atas rata-rata, tentu saja menjadi sangat memuaskan. Dan tahukah kamu bahwa gaji chef/koki di sebuah restoran atau hotel itu tinggi, bahkan bisa mencapai hingga puluhan juta.

Belum lagi ketika sedang berada musim liburan, bonus yang kamu terima sudah pasti tidak sedikit. Nah, kamu juga bisa menjadikan profesi ini sebagai celebrity chef yang melakukan tayangan memasak di Youtube atau televisi dengan program memasaknya. Pemasukan bertambah dan bisa menjadi lebih terkenal, deh.

2. Baker/Patissier

Jika chef atau koki adalah juru masak untuk jenis masakan umum, kamu juga bisa mengkhususkan kemampuan kamu dalam memasak, yaitu menjadi patissier atau baker. Ada banyak patissier sebuah restoran atau hotel yang bahkan lebih terkenal dibanding hotel atau restoran itu sendiri. Jadi, dia bisa menerima pesanan pembuatan kue atau pastry di luar jam kerja yang tentu saja menambah penghasilannya.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Cyber Security: Info & Prospek Kerjanya

3. Barista

Mungkin, siapa pun bisa menjadi barista. Namun, hanya seseorang yang memiliki pengetahuan tentang tata boga yang baik yang bisa menjadi barista andal. Saat ini, untuk menjadi barista di kafe tertentu sudah diharuskan memiliki sertifikasi. Hal ini tentu saja bisa menjadi peluang tinggi untuk lulusan atau mahasiswa tata boga untuk lebih unggul dibanding mereka yang ingin menjadi barista tapi tidak pernah mempelajari tentang tata boga.

4. Food Vlogger

Merekam diri saat makan, melakukan review, lalu ditayangkan di media sosial. Terdengar sepele dan bisa dilakukan siapa saja. Sebagai mahasiswa tata boga, kegiatan tersebut bisa menjadikan kamu memiliki poin plus, lho. Kamu memiliki pengetahuan tentang gizi, penataan makanan, dan tentu saja kemampuan mengecap rasa yang baik. Jadi, ulasan tentang makanan tidak hanya sekedar enak atau tidak, tetapi juga penjelasan apa yang kurang, apa saja keunggulannya, dan kenapa makanan tersebut harus dicoba. Ulasan yang jujur dan berpengetahuan tentu lebih unggul dibanding food vlogger yang hanya sekadar makan dan mengatakan bahwa makanan tersebut enak.

5. Lembaga Pemerintahan

Ada banyak posisi yang bisa lulusan tata boga tempati di lembaga pemerintahan, seperti BPOM, Departemen Pertanian, LIPI, hingga perusahaan-perusahaan BUMN. Dengan begitu, silakan cek dan ikuti tes seleksi CPNS atau rekrutmen bersama BUMN ketika mereka membuka pendaftaran, ya.

6. Food Stylist

Prospek kerja tata boga selanjutnya adalah menjadi food stylist. Memangnya menata makanan di piring bisa dibayar? Wah, tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa dibayar mahal, kok. Biasanya, yang membutuhkan jasa food stylist adalah agensi, perusahaan majalah, hingga program acara kuliner di televisi, lho.

7. Tenaga Pendidikan

Menjadi tenaga pendidik merupakan prospek kerja tata boga selanjutnya. Jika ingin menjadi dosen, berarti kamu harus mendaftar minimal S-2 di https://hicksvillehistoricalsociety.org/ jurusan tersebut. Namun, tenaga pendidik tidak hanya sebagai dosen atau guru. Dengan membuat konten lalu membagikan tips memasak, mengatur gizi dalam masakan, hingga melakukan plating yang baik, itu sudah bisa disebut sebagai pengajar.

8. Wirausaha

Bagi seseorang yang paham akan gizi dalam masakan, membuka tempat makan atau catering tentu saja menjadi perkara yang mudah. Kamu bahkan memiliki modal untuk mengatur gizi dalam makanan yang kamu jual sehingga bisa dijadikan nilai plus sebagai tempat makan sehat dan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *