Jurusan Kriminologi – Info Kuliah & Prospek Kariernya

Jurusan Kriminologi - Info Kuliah & Prospek Kariernya

Jurusan Kriminologi adalah jurusan yang belajar menganalisa peristiwa kejahatan, dimulai dari pemicu, dampak, dan pengendaliannya. Jurusan ini mempunyai 4 konsentrasi ulasan, yakni aktor, korban, tindak kejahatan, dan tanggapan masyarakat pada kejahatan yang terjadi. Maknanya, jurusan ini bukanlah sekedar mengurusin tindakan kriminalnya saja, tetapi manusia juga sebagai aktor atau korban yang disebut makhluk sosial.

Karena itu, Jurusan Kriminologi dimasukkan pada ranah Soshum atau bidang IPS, Dari faktor hukum, kamu bisa mempelajari beragam pelanggaran hukum dan pasal-pasal yang dilanggar. Sampai bisa tuliskan cerita informasi kriminil yang seimbang. Serunya kembali, di prodi ini kamu akan belajar mengenai reka-ulang kasus, olah TKP, rekam sidik jemari, dan tapak jejak darah.

Di sini kamu akan menganalisa beragam tindak kejahatan yang cakupannya benar-benar luas, mulai darri kenakalan pada remaja yang kecil, kejahatan yang memiliki sifat goib seperti teluh, cybercrime, sampai terorisme yang bertaraf internasional. Hal itu disokong oleh kuliah materi Jurusan Kriminologi yang terkait dengan beberapa ilmu sosial yang lain, seperti Ilmu Sosiologi, Ilmu Psikologi, Ilmu Antropologi, dan Ilmu Hukum. Agar tidak ingin tahu, saya kasih tahu ya apa yang didalami di Jurusan Kriminologi.

Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Lalu Jurusan Kriminologi kerja apa setelah lulus? Ada 3 hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, Brainies. Pertama, lulusan jurusan ini masih sangat langka di Indonesia. Kedua, kayak yang kamu tahu tindak kriminalitas tidak ada habisnya. Ketiga, mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini sangat luas. Berdasarkan ketiga hal itu, maka prospek kerja Jurusan Kriminologi cukup banyak kok,Misalnya, di instansi pemerintahan kamu bisa bekerja di Kepolisian, Kejaksaan, BIN, BNN, dan BNPT. Kamu juga bisa bekerja di bidang lain, seperti media, lho! Biar lebih jelas, berikut aku berikan beberapa contoh prospek kerja Jurusan Kriminologi.

  1. Jurnalis Investigasi
  2. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
  3. Penyidik dan Penyelidik
  4. Private Investigator
  5. Peneliti
  6. Staf Pengajar

Universitas dengan Jurusan Kriminologi di Indonesia

  • Universitas Budi Luhur

Universitas Budi Luhur memiliki program studi Kriminologi dan Ilmu Kepolisian di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program studi tersebut menawarkan program S1 (Sarjana) dengan durasi studi 4 tahun. Dalam program studi Kriminologi dan Ilmu Kepolisian di Universitas Budi Luhur, mahasiswa akan mempelajari tentang pengetahuan dasar kriminologi, hukum pidana, kepolisian, psikologi, sosiologi, statistik, dan metodologi penelitian. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tentang teknik investigasi, pemetaan kejahatan, kebijakan keamanan dan ketertiban, serta keterampilan dan strategi manajemen keamanan.

Baca Juga : Fakultas Ilmu Komunikasi: Jurusan dan Prospek Kariernya

  • Universitas Indonesia

Di Universitas Indonesia (UI), jurusan kriminologi ada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Program studi kriminologi di UI adalah program studi yang relatif baru, karena baru didirikan pada tahun 2016.Setelah menyelesaikan program studi, lulusan kriminologi di UI akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja di berbagai bidang terkait dengan kriminologi, seperti penegakan hukum, keamanan, perbankan, dan sebagainya. Selain itu, lulusan juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti program magister atau doktor dalam bidang kriminologi.

  • Universitas Airlangga

Program studi kriminologi di Unair berada di bawah Fakultas Hukum, dan berfokus pada studi kriminalitas dan tindak pidana serta metode pencegahan dan penanggulangannya. Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam program studi kriminologi di Unair antara lain Lulusan program studi kriminologi di Unair diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam bidang kriminologi, hukum pidana, investigasi kriminal, dan lain-lain, sehingga dapat bekerja di berbagai lembaga yang terkait dengan pencegahan dan penanggulangan kriminalitas, seperti kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan. Selain itu, lulusan juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti program magister atau doktor dalam bidang kriminologi.

  • Universitas Brawijaya

Program studi Kriminologi di UB berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan menyediakan program studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) di bidang kriminologi. Lulusan program studi kriminologi di UB diharapkan memiliki pemahaman yang baik tentang kriminalitas dan tindak pidana serta mampu menerapkan metode dan teknik pencegahan dan penanggulangan kriminalitas. Lulusan dapat bekerja di berbagai bidang, seperti kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan. Selain itu, lulusan juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti program magister atau doktor dalam bidang kriminologi.

  • Universitas Trisakti

Universitas Trisakti di Jakarta juga memiliki jurusan Kriminologi yang terletak di Fakultas Hukum. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menganalisis kriminalitas dan tindak pidana serta mampu menerapkan metode dan teknik pencegahan dan penanggulangan kriminalitas.

Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam program studi Kriminologi di Universitas Trisakti antara lain Lulusan program studi Kriminologi di Universitas Trisakti diharapkan dapat bekerja di berbagai bidang terkait kriminologi, seperti penegakan hukum, keamanan, perbankan, dan sebagainya. Selain itu, lulusan juga dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, seperti program magister atau doktor dalam bidang kriminologi atau bidang terkait lainnya

  • Universitas Gadjah Mada

Sayangnya, saat ini Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, Indonesia tidak memiliki program studi Kriminologi. Namun, UGM memiliki beberapa program studi yang terkait dengan bidang hukum dan kriminalitas, seperti program studi Ilmu Hukum https://hicksvillehistoricalsociety.org/ dan program studi Sosiologi. Program studi Ilmu Hukum di UGM memiliki beberapa konsentrasi, termasuk hukum pidana, yang mempelajari tentang hukum pidana dan prosedur hukum pidana. Sementara itu, program studi Sosiologi di UGM juga menyediakan beberapa mata kuliah terkait kriminologi, seperti sosiologi kriminal. Meskipun demikian, jika kamu tertarik dengan bidang kriminologi, kamu masih bisa mencari universitas lain yang memiliki program studi kriminologi di Indonesia.

  • Universitas Padjadjaran

Ya, Universitas Padjadjaran (UNPAD) di Bandung, Jawa Barat, Indonesia memiliki program studi Kriminologi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Program studi Kriminologi di UNPAD menawarkan jenjang Sarjana (S1) dan Pasca Sarjana (S2) dan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang baik tentang kriminalitas dan tindak pidana serta mampu menerapkan metode dan teknik pencegahan dan penanggulangan kriminalitas. Beberapa mata kuliah yang diajarkan dalam program studi kriminologi di UNPAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *